Kamis, 17 November 2016

Donor Darah

     Donor darah.  Teman - teman ada yang pernah donor darah belum? Oh iya, syarat donor darah itu harus sudah berusia 17 tahun atau 17 tahun kurang 3 bulan ya. Selain itu, syarat donor darah yang lainnya adalah memiliki berat badan minimal 45 kg, tidak anemia atau Hb rendah, dll.
    Teman - teman harus tahu ya, kalau kita mendonorkan 1 tetes darah, kita sudah menolong orang lain, bagaimana dengan 1 kantung darah ya? Pati kita sudah menyelamatkan ya...
Teman - teman, dengan mendonorkan darah, banyak sekali manfaat yang didapat selain untuk menerima maupun pendonornya sendiri. Untuk pendonor, akan membatu perombakan sel darah merah, sehingga darah merah akan memproduksi darah baru. Hal ini tentu sangat bermanfaat.
     Oh iya, sampe lupa. Di SMA N 3 Boyolali sendiri juga mengadakan kegiatan donor darah setiap 3 bulan sekali. Tentu saja yang mengadakan ini PMR ya. Untuk mengajak siswa - siswi SMA N 3 Boyolali mendonorkan darah, biasanya ada 3 atau 4 anggota PMR yang mendatangi setiap kelas untuk memberitahu kegiatan donor darah ini, tidak lupa dengan memberitahu syarat - syarat untuk menjadi pendonor. Donor darah ini tidak hanya untuk siswa  siswi saja, tetapi semua anggota warga sekolah yang merasa sudah memenuhi syarat. Biasanya donor darah ini diadakan di aula 2, sehingga yang mau mendonorkan darah bisa langsung ke aula 2. Untuk pesertanya, biasanya akan didata oleh anggota PMR dulu, sehingga PMR mengetahui jumlah peserta donor darah setiap kegiatan donor darah.
      Ayo, buat teman - teman yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi pendonor, segera donor kan darah mu, karena kamu akan menyelamatkan 1 nyawa. Selain itu, kamu juga akan merasakan manfaatnya untuk dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar